Banyuwangi-cibitung.desa.id – Pemerintah Desa Banyuwangi melakukan sosialisasi dan pembinaan terkait dengan ODF Open Defecation Free atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, dikarenakan sebagian masyarakat masih belum memahami dan sering melakukan pelanggaran buang air besar, kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala Desa,Camat Cibitung, Kesos kecamatan, Tim STBM (ODF) Puskesmas Cibitung, Bidan Desa, Perangkat Desa, Kadus dan Kader posyandu. Acara tersebut berlangsung di aula Desa Banyuwangi dan peserta di wajibkan menggunakan masker. Selasa 02/03/2021.

Menurut Kepala Desa  “sosialisasi dan pembinaan ini kami lakukan untuk menyadarkan kita bersama untuk melakukan hidup sehat dan bersih dengan cara stop buang air besar sembarangan dan pembuangan saluran jamban sembarangan, semoga masyarakat bisa memahami ini, karena ini untuk kebaikan dan kesehatan kita semua” tuturnya.

Menurut Tim STBM (ODF) “Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air yang akan mengakibatkan pola hidup yang tidak sehat” tuturnya.

ini beberapa permasalahan yang mungkin ditimbulkan akibat buruknya penanganan buangan air besar sembarangan, seperti Mikroba, Materi Organik, Telur Cacing, Nutrien dan nyamuk yang berbahaya, sehingga masyarakat harus mencegah itu dan menerapkan anjuran dari materi yang di sampaikan oleh Tim STBM terkait ODF,

Bagikan Berita