Pada tahun 1972 seorang ahli diet bernamaDr. Robert Atkins memperkenalkan program penurunan berat badan yang kemudian dikenal dengan Diet Atkins. Diet Atkins adalah program penurunan berat badan yang menerapkan pembatasan pola konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Kalori yang terdapat dalam karbohidrat adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan berat badan bertambah dengan cepat. Diet Atkins sangat terkenal dengan keberhasilannya menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas yang dilakukan dengan cara membatasi makanan tertentu.

Pendekatan Diet Atkins dilakukan dengan mengurangi makanan dengan kadar karbohidrat dan menambah asupan makanan yang mengandung protein tinggi. Berdasarkan inti dari program diet Atkins tersebut, kali ini kami akan berbagi 7 Makanan Diet Alami Yang Menyehatkan, yatu jenis makanan yang sedikit mengandung karbohidrat dan beberapa jenis makanan yang mengandung protein lebih tinggi. Jenis makanan yang kami sampaikan disini adalah makanan yang bebas pantangan dan tidak akan mengganggu program penurunan berat badan Anda. Jenis-jenis makanan tersebut diantaranya adalah telur, daging unggas,daging hewan berkaki 4, kerang dan ikan dll. Semua jenis makanan tersebut harus Andakonsumsi dalam kondisi segar atau belum diolah.

Berikut ini adalah 7 Makanan Diet Alami Yang Menyehatkan:

1.    Ikan dan Kerang:
Berbagai jenis ikan, misalnya tuna, herring, salmon, lele, sarden dan kakap, kepiting, udangsungai, udang laut, udang lobster, cumi-cumi dan kerang adalah jenis ikan dan kerang yangtermasuk dalam jenis makanan diet alami yang menyehatkan dan tidak dilarang dalam program untuk menurunkan berat badan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pastikanagar semua jenis makanan tersebut Anda makan dalam bentuk segar, belum diolah dantanpa menggunakan bahan pengawet.
2.    Daging Unggas
Berbagai jenis ikan daging unggas yang dapat Anda makan sebagai makanan diet alami yang menyehatkan adalah daging ayam, daging bebek, daging puyuh, daging burung unta dan daging kalkun. Semua daing tersebut dapat Anda makan dalam jumlah sedang.
 
3.    Telur
Untuk telur, sebenarnya semua jenis telur unggas termasuk dalam daftar makanan dietalami yang menyehatkan dan dapat Anda makan dalam diet Anda.
4.    Daging Hewan Berkaki 4
Daging segar yang berasal dari hewan yang sehat memiliki kandungan karbohidrat rendahadalah jenis makanan yang memiliki kadar karbohidrat rendah. Beberapa jenis daging berkaki 4 yang dapat Anda makan dalam diet Anda diantaranya adalah daging sapi, babi, dagingdomba dan daging kambing. Khusus untuk daging diatas dapat Anda makan dalam jumlahyang banyak tanpa harus khawatir tentang tingginya kadar karbohidrat.
5.    Rempah-Rempah dan Bumbu
Pada dasarnya semua rempah-rempah dan bumbu termasuk dalam jenis makanan diet alamiyang menyehatkan dan dapat Anda konsumsi dalam progran diet untuk menurunkan berat Anda, kecuali rempah-rempah dan bumbu yang memiliki rasa manis karena mengandung gula, karena gula termasuk sumber karbohidrat yang dapat menghancurkan program dietyang sedang Anda jalani. 

6.    Sayur-Sayuran Berwarna Hijau

Hampir semua sayuran hijau dapat Anda konsumsi dalam diet alami untuk menurunkan berat Anda. Sebagai panduan, beberapa jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi adalahartichoke, rebung, brokoli, kubis, lobak, kembang kol, seledri, kangkung, terong, daun bawang, kol, labu, bayam, bawang, tomat, kacang panjang, lobak, labu, dll. Namun Anda dianjurkan untuk membatasi jumlah sayuran yang Anda makan, yaitu 13 gram hinga 15gram per hari.

7.    Buah-buahan:

Buah yang mempunyai angka glikemik rendah dapat dikategorikan dalam makanan dietalami yang menyehatkan. Pastikan agar buah-buahan yang Anda konsumsi adalah buah segar dan belum diolah, misalnya diolah menjadi salad atau bahkan asinan. Buah-buahansegar yang dapat Anda konsumsi diantaranya adalah apel, aprikot, alpukat, zaitun hijau, blueberry, melon, zaitun hitam, pepaya, stroberi, peach, nektarin, jeruk bali, jambu biji, semangka dll.

Mungkin bagi orang Indonesia makanan mentah terasa menjijikkan, karena itu Anda dapat merebusnya dengan menambahkan sedikit garam dan bawang putih, tapi tanpa menggunakan gula atau pemanis lainnya. Demikiankah 7 Makanan Diet Alami Yang Menyehatkan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Bagikan Berita